Senin, 22 September 2008

Rancangan Tugas Akhir

Tujuan Pembelajaran
  1. Membekali mahasiswa dalam penulisan Tugas Akhir (TA)
  2. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menulis proposal tugas akhir yang sesuai dengan standar penulisan karya ilmiah.
Hasil pembelajaran
Mahasiswa diharapkan mampu:
  1. Mengeksplorasi dan mengelaborasi ide menjadi sebuah tugas akhir
  2. Menguasai metode penelitian yang sederhana untuk keperluan penulisan tugas akhir
  3. Menyusun sebuah proposal tugas akhir dan mempresentasikannya.

Metode Pembelajaran
  1. Ceramah,
  2. Presentasi,
  3. Diskusi,
  4. Penugasan

Rancangan Pembelajaran
Minggu 1 : Pendahuluan dan overview mata kuliah
Minggu 2 : Tugas Akhir dan penelitian dalam bisnis
      • Pengertian penelitian
      • Apllied v.s. pure research
      • TA sebagai model penelitian terapan sederhana
      • Mengelaborasi ide menjadi sebuah TA
      • Tahapan dalam penelitian
      • Etika dalam penelitian bisnis

Minggu 3/4 : Pendefinisian dan Perumusan Masalah
      • Sumber permasalahan penelitian
      • Hal-hal yang harus diperhatikan dalam merumuskan masalah
      • Pembatasan masalah

Minggu 5/6 : Tinjauan Pustaka / literature review
      • Pengertian literature review
      • Pentingnya literature review dalam penulisan TA
      • Kecukupan dan relevansi referensi
      • Tehnik membuat literature review
Minggu 7/8 : Pengumpulan data
      • Kriteria data yang baik
      • Jenis-jenis data
      • Teknik pengumpulan data
      • Persiapan pengumpulan data
      • Wawancara (interview)
      • Observasi
      • Document review

Minggu 9/10 : Pengolahan data dan laporan akhir
      • Pengelompokan data
      • Deskripsi data
      • Menyusun TA

Minggu 11/12 : Proposal dan presentasi
      • Elemen-elemen proposal
      • Merancang proposal
      • Presentasi dan kiat-kiatnya

Minggu 13/18 : Presentasi individu

Referensi
  1. Smith, M. (2003). Research methods in accounting. New Delhi: Sage Publications.
  2. Yin, R.K. (1994). Case study research: Design and methods. London: Sage Publications.
  3. Sekaran,Uma (2006) Research methods for business: Metodologi Penelitian untuk bisnis, Jakarta: Penerbit Salemba Empat
  4. Sugiono. Metode Penelitian Bisnis.Alfabeta. Bandung. 1999
  5. Nur Indiantoro dan Bambang Supomo. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen.

Presentasi Individu
Setiap mahasiswa diharuskan untuk melakukan presentasi di depan kelas. Topik presentasi dipilih oleh mahasiswa yang bersangkutan dari Tugas Akhir tahun-tahun sebelumnya. TA tersebut diresume ke dalam poin-poin berikut:
  1. Tujuan penelitian
  2. Permasalahan
  3. Cara pengumpulan data
  4. Hasil dan analisa
  5. Kontribusi penelitian
  6. Kritik dan saran Anda

Setiap presentasi harus dilakukan dengan menggunakan media presentasi (power point, atau transparent)

Penilaian presentasi
  1. Metode penyampaian yang efektif (30%)
  2. Kritik terhadap TA yang dibahas (40%)
  3. Kemampuan merespon pertanyaan (30%)

Laporan presentasi
Setelah melakukan presentasi mahasiswa diharuskan membuat laporan presentasi yang berisi tentang topik yang dibahas berikut komentar, saran dan pertanyaan pada waktu presentasi.

Penilaian laporan adalah sebagai berikut:
  1. isi (70%)
  2. organisasi laporan (20%)
  3. format (10%).

Latihan dan tugas
Latihan dan tugas akan diberikan untuk topik-topik tertentu, seperti membuat literature review dsb.

Penilaian untuk resume dan tugas adalah sebagai berikut:
  1. Isi (70%)
  2. organisasi (20%)
  3. format (10%).

Proposal dan presentasi
Diakhir perkuliahan setiap mahasiswa diharuskan membuat sebuah proposal tugas akhir. Proposal akan terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut:
  1. Pendahuluan dan latar belakang
  2. Tujuan penelitian
  3. Perumusan masalah
  4. Tinjauan pustaka sementara
  5. Metode penelitian
  6. Metode analisa data
  7. Daftar pustaka
  8. Proposal dan presentasi

Proposal ini akan dipresentasikan di depan dosen KBK (Kelompok Bidang Keahlian). Kriteria penilaian proposal adalah sebagai berikut :
  1. Topik (5%)
  2. Perumusan masalah (7.5%)
  3. Kontribusi penelitian (7.5%)
  4. Relevansi referensi dengan topic (10%)
  5. Organisasi dan format proposal (5%)
  6. Sedangkan presentasi akan dinilai dari:
  7. Efektifitas penyampaian (5%)
  8. Penguasaan masalah (5%)
  9. Kemampuan merespon pertanyaan (5%)

Aturan Perkuliahan
  • Mahasiswa/Dosen datang tepat waktu
  • Tolerasi keterlambatan adalah 15 menit
  • Mahasiswa/Dosen harus memberi tahu jika tidak bisa hadir/terlambat
  • Mahasiswa menyiapkan komputer dan LCD proyektor sebelum perkuliahan dimulai
  • Mahasiswa yang menyontek = nilai 0 (NOL)

Hubungi :

Reno Fithri Meuthia
08197548586
081363323567
enofm87@yahoo.com

1 komentar: